Jumat, 31 Desember 2010

Tugas 2 softskill

Nama   :   NOVI WULANDARI
Kelas    :   2DD04
Dosen   :   JOKO UTOMO
NPM    :   33209965

1. Dari jenis usaha yang anda rumuskan pada tugas 1 buatlah :a. Perencanaan keuangan dari usaha yang akan saudara dirikan b. Bentuk kepemilikannya c. Rencana Pemasaran yang meliputi : kondisi pasar, kondisi pesaing, bentuk kegiatan promosi yang akan  dilakukan dan hal hal lain yang dibutuhkan untuk memasarkan produk anda.
jawab :
a.       Perencanaan keuangan.
Untuk merencanakan keuangan bisnis pulsa yaitu melalui bisnis pulsa elektronik sangatlah mudah karena tidak memerlukan modal yang besar, bayangkan saja dengan hanya modal Rp. 50.000-100.000 sudah bisa berjualan pulsa elektronik untuk semua jenis pulsa yang ada di Indonesia. Dan ada pula dengan pulsa voucher bias mengambil melalui dari agen atau mengambil langsung dari providernya.
Langkah-langkah berbisnis pulsa:
·         Siapkan handphone dengan no AS/M3/XL Jempol (ke3 no tersebut tarif smsnya murah).
·         Siapkan dana minimal Rp. 100.000,- lebih banyak makin baik untuk deposit ke penyedia jasa layanan pulsa all operator (provider pulsa).
·         Jika Anda tinggal dekat dengan providernya bisa bolak balik untuk setor deposit, namun jika jauh harus melalui transfer, oleh karena itu untuk efektivitas diusahakan sekali deposit cukup untuk kebutuhan minimal 1 hari.
·         Harga jual disesuaikan dengan harga pasaran setempat, margin keuntungan diambil dikisaran Rp. 500 keatas untuk maksimum disesuaikan dengan kondisi setempat.
·         Jika penjualan sudah mulai banyak anda bisa memperlebar sayap dengan berjualan lainnya seperti voucher fisik, kartu perdana dan meningkat terus sampai batas maksimal.
·         Margin keuntungan sebagai ilustrasi deposit 100.000 dengan asumsi yang dijual = harg jual x unit terjual – harga modal x unit terjual – biaya sms x unit terjual = margin profit, contoh S10 harga modal 11.500, = (12500 x 8 ) – (11500 x 8 ) – (100 x 8 ) = 100.000 – 92.000 – 800 = 7.200 ( cukup untuk nasi ramas sebungkus).
·         Semakin kecil nominal yang dijual semakin bertambah margin keuntungannya dan sebaliknya.
Hasil keuntungan bisa bervariasi tergantung harga jual dan harga modal yang didapat
b.      Bentuk kepemilikan.
Peluang bisnis ini adalah salah satu dari sekian banyak peluang usaha yang juga mengutamakan letak yang strategis untuk mendapatkan keuntungan yang sebanding dengan modal yang dikeluarkan. Jadi sangatlah menguntungkan untuk penghasilan yang secara rutin yang sebagai usaha yang bermodal kecil. sehingga dapat menikmati keuntungan yang diperoleh secara sendiri.
c.       Rencana pemasaran
Bisnis  pulsa yang menguntungkan butuh adanya suatu rencana memasarkan pulsa, selain menguntungkan yang hanya pihak individu, kami dapat membantu para konsumen untuk mendapatkan kebutuhan pulsa.
-          Kondisi pasar
Saat ini banyak penjualan perusahaan pulsa yang berfokus pada pulsa elektrik dengan berbagai strategi. Diantaranya adalah system multi level marketing (MLM) dan system jaringan. Mana yang dipilih sangat tergantung pada kebutuhan masing – masing. Sebagai langkah awal saya bias bergabung dengan salah satu dari perusahaan besar yang telah lebih dulu menjalankan usaha ini. Jika saya telah berpengalaman, nantinya saya dapat mengembangkan usaha serupa dengan cara saya sendiri.
-          Kondisi pesaing
Karena saya berbisnis pulsa ditempat sekitar perumahan, dan disekitar rumah tidaklah jauh dengan penjualan pulsa lainnya. Tetapi saya memberikan pelayanan yang berbeda dengan para penjualan lainnya yaitu menyediakan minuman untuk para konsumen dan selain itu saya menerima pelayanan service hanphone.
-          Kegiatan promosi
Dengan diberikan beberapa sarana dan perlengkapan diantaranya etalase untuk memajang kartu khususnya kartu perdana yang saya jual sehingga memudahkan pengunjung untuk memilih nomor dan  papan harga yang saya sediakan untuk mengetahui para konsumen membeli pulsa yang berbagai perdana.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar